Rabu, 12 Maret 2014

Jika Anda memiliki sejumlah modal yang cukup besar, atau memiliki rekan bisnis yang ingin membuka peluang usaha baru kenapa tidak melirik ke bisnis hotel atau penginapan.
Bisnis hotel adalah sebuah peluang usaha yang menguntungkan hampir di setiap tahun, terlebih jika lokasi hotel Anda itu dekat dengan obyek wisata, pasti di masa-masa liburan (high season) hotel atau penginapan Anda tak akan sepi dari tamu.
Bahkan, bisa jadi penuh (full booked) untuk satu bulan pemesanan. Bisa Anda bayangkan berapa banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan selama satu tahun.
Lokasi strategis untuk membangun sebuah hotel tidak hanya atas pertimbangan berdekatan dengan obyek wisata atau tempat hiburan semata, namun Anda juga bisa membangun hotel di kota-kota besar, ataupun kota sentra industri yang biasanya disinggahi oleh berbagai macam orang dari bebagai daerah untuk melakukan kegiatan bisnis mereka.
Mereka tentu memerlukan tempat peristirahatan sementara, selama mengurus kegiatan bisnis di kota tersebut. Atau Anda bisa membangun hotel atau penginapan di jalur-jalur penting antarkota dan Propinsi seperti di jalur Pantura yang merupakan jalur terpadat di Jawa.
Bisnis hotel dan penginapan memang menjanjikan, terlebih zaman sekarang mobilitas orang begitu tinggi, mereka memerlukan beragam layanan akomodasi dan penginapan yang dapat memperlancar perjalanan wisata atau bisnis mereka.



Pelayanan Memuaskan Adalah yang Utama
Bisnis hotel ini memang sedikit memerlukan nominal modal yang lumayan besar, namun jika Anda berhasil mengelola hotel Anda secara baik dan benar, dan membuat para tamu di hotel Anda merasa nyaman, maka waktu yang Anda perlukan untuk balik modal bisa sangat cepat.
Hal ini disebabkan oleh kepuasan pelayanan yang diberikan oleh hotel Anda pada setiap tamu yang berkunjung dan menginap di hotel Anda. Namun, jika Anda memiliki hotel dengan pelayanan yang buruk maka bisa jadi tidak ada seorang tamu pun yang mau berkunjung dan menginap di hotel Anda, dan yang terjadi hotel Anda bangkrut.
Jadi memang gampang-gampang sulit dalam mengurusi bisnis hotel, namun pada prinsipnya adalah bagaimana membuat tamu Anda bisa senyaman mungkin untuk tinggal di hotel Anda, jadi Anda harus tahu benar siapa tamu tersebut dan perlakukan semua tamu sebagai seorang saudara Anda yang datang dari jauh.


Tips Mengelola Hotel
Berikut beberapa hal yang perlu Anda cermati jika ingin terjun ke dunia bisnis hotel.
  • Tentukan lokasi hotel yang Anda kehendaki. Cari keunikan dari tempat tersebut, yang menyebabkan banyak orang pergi atau berkunjung ke sana, namun bukan kunjungan singkat semata.
  • Berikan sentuhan yang unik dari hotel Anda bisa dari segi lokasi, desain hotel, interior dalam hotel, atau juga interior kamar hotel yang berbeda dari kebanyakan hotel yang lain.


  • Cermati dengan baik kompetitor Anda atau hotel lain di daerah itu, pelajari kekuatan dan kelamahannya dengan begitu Anda bisa membuat hotel unggulan di kawasan tersebut.


  • Lakukan kerjasama yang baik untuk promosi dan publikasi melalui Tour Operator, Wholesaler atau Representative Office, Hotel Reservation Agent, atau Biro Perjalanan Wisata.


  • Lakukan rekuitmen karyawan yang benar-benar berkompeten di bisnis hotel, dan memiliki sikap, dan etos kerja yang penuh tanggung jawab serta jujur.


  • Selalu adakan cek peralatan penginapan secara teratur, sehingga setiap kerusakan yang terjadi di hotel Anda dapat diselesaikan dengan cepat tanpa perlu mengganggu kenyamanan para tamu.

  • Dan yang terakhir, selalu jaga nilai-nilai kebersihan dan keteraturan dengan baik, karena tidak ada seorang tamu pun mau menginap di hotel yang kotor dan tidak teratur


Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!